Kolonel Inf Edwin Sumantha Raih Juara Karya Tulis 2018 - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Monday, November 26, 2018

Kolonel Inf Edwin Sumantha Raih Juara Karya Tulis 2018



Bandung - Kolonel Inf Edwin Sumantha, S.H. meraih prestasi dalam lomba karya tulis terkait Teritorial Angkatan Darat 2018, Kelompok Perwira Menengah. Dengan judul 'Mengoptimalkan Peran Kodim Melalui Kerja Sama dan Koordinasi Dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Untuk Menangani Unjuk Rasa di Wilayah Ibukota Guna Mencegah Konflik Sosial', ia meraih Juara 2.

Pengalamannya dua kali menjadi Dandim 0501/JP BS, membuat Kolonel Inf Edwin Sumantha yang saat ini berposisi Ajudan Wakil Presiden RI sangat hafal teritorial kawasan VVIP tersebut. Sebagai pusat pemerintahan, Jakarta Pusat memiliki kekhususan dan prioritas pengamanan.

"Tulisan itu dibuat karena hampir setiap saat Kodim 0501/JP BS selaku satuan teritorial TNI AD di bawah Kodam Jaya/Jayakarta, harus bahu membahu mengamankan Ibukota bersama komponen bangsa lainnya seperti Polri dalam hal ini Polda Metro Jaya dan Pemprov DKI Jakarta," ungkap pria yang mengambil Sesko di Selandia Baru (New Zealand Joint Command and Staff Course No.52) pada tahun 2011, Senin (26/11/18).

Menurutnya, kegiatan rutin yang hampir setiap hari dilakukan adalah mengawal aksi demo. Kesiapsiagaan harus terus ditingkatkan untuk mencegah adanya gangguan Kamtibmas di Jakarta Pusat.

"Harapannya adalah Kodim dapat senantiasa siap bersinergi bersama pihak Pemda DKI dalam membantu Kepolisian Republik Indonesia menangani aksi unjuk rasa guna mencegah terjadinya konflik sosial," ujarnya.

Lomba Karya Tulis Teritorial merupakan program rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh TNI AD dalam rangka memperoleh pemikiran-pemikiran untuk kemajuan kegiatan teritorial.

Untuk tahun ini untuk kategori perwira menengah, Edwin bersanding dengan Letkol Kav Teja selaku Dandim Ende (Juara 1), dan Kolonel Inf Bumi Aryo Bimo sebagai Seskoad (Juara 3).

Pemberian penghargaan dilakukan oleh Kasad Jendral TNI Mulyono saat Apel Danrem Dandim Terpusat 2018, di Bandung, Jawa Barat. (ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia