Satgas 432 Kostrad Pasang Bendera Merah Putih di Puncak Pawa, Skouw Papua - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Tuesday, January 9, 2018

Satgas 432 Kostrad Pasang Bendera Merah Putih di Puncak Pawa, Skouw Papua


(Penkostrad. Selasa, 9 Januari 2018). Satgas Pamtas Yonif PR 432 Kostrad berjumlah 12 orang personel yang dipimpin oleh Dankima Lettu Inf Masdar melaksanakan patroli rutin pada Senin (08/01/2018) untuk memastikas keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG dan mendaki puncak Gunung Pawa untuk memasang bendera Merah Putih berukuran 20 x 10 meter.

Tim patroli itu harus melewati medan yang cukup berat dengan menyusuri jurang terjal dan perbukitan dengan pohon-pohon yang padat dan rimbun, bahkan perjalanan dari Komando Taktis (Kotis) saat mengawali kegiatan tersebut hingga berjalan kaki memakan waktu tempuh lebih dari enam jam lamanya dengan memutari punggung gunung.

Terhitung sudah dua kali, Satgas asal Sulsel ini menaiki puncak gunung tersebut untuk mengetahui keamanan diwilayah PLBN Skouw bila dilihat dari ketinggian.

Sebelumnya, bendera merah putih yang ada dipuncak gunung itu dipasang dengan menggunakan bahan baner dengan ukuran yang sangat besar, namun tidak bisa bertahan lama dikarenakan angin kencang serta hujan dan panasnya matahari, sehingga bendera tersebut harus diperbaharui dalam kurun waktu tertentu.

Sekarang bendera tersebut diganti dengan menggunakan bahan kain yang bagus, dengan harapan bisa bertahan lebih lama dari pada menggunakan bahan baner.

Keberadaan bendera merah putih itu di puncak gunung Pawa itu, untuk menunjukkan kepada masyatakat pelintas batas khususnya warga PNG bahwa mereka berada di wilayah Indonesia,” kata Masdar.

Pengawasan dan perawatannya ini menjadi tugas dan tanggung jawab dari Satgas Poskotis terdekat di Skouw untuk memperhatikan keberadaan bendera tersebut, dimana nantinya akan diserah-terimakan kepada Satgas penggati yang baru.

Masdar mengaku pemasangan bendera dengan bahan kain tersebut karena dilihat dari jauh sudah sangat layak untuk diganti, namun sebelumnya sudah memesan bendera dengan ukuran yang sama.

“Jadi, sekalian kita melakukan patroli keamanan diwilayah batas RI-PNG dan memasang bendera merah putih di puncak Gunung Pawa,” kata Lettu Inf Masdar.

Senada itu, komandan tim pemasang bendera, Dansimayon Sertu Irwan beserta 10 orang anggotanya mengaku patroli dan pemasangan bendera ke puncak Gunung Pawa membutuhkan waktu kurang lebih enam jam lamanya karena kegiatan patroli melalui rute jalan baru yang lebih jauh dan memutari punggung gunung.

“Perjalanan yang cukup berat untuk tiba diatas puncak Gunung Pawa dan kami telah selesai melakukanya bersama anggota kami, tentunya saat tiba di puncak, kami harus membersihkan bendara lama yang sudah rusak dan ada yang masih melekat pada tiang-tiang penyangga, agar lebih mudah untuk di pasang kembali dengan bendera yang baru dan itu kami membutuhkan waktu dua jam lamanya sampai bendera yang baru bisa kami pasang kembali,” jelas Sertu Irwan

Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Letkol Inf Ahmad Daud merasa bangga akan semangat para prajuritnya untuk memasang bendera di puncak Gunung Pawa kembali dengan selamat.

“Bangga atas apa yang telah dilakukan prajurit kami inilah wujud kecintaan kami serta pengabdian yang tulus kepada Negara tercinta NKRI”. lanjutnya. (ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia