Kodam Jaya Rayakan Peringatan Puncak HUT Ke-68 - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Thursday, December 28, 2017

Kodam Jaya Rayakan Peringatan Puncak HUT Ke-68


Jakarta, Lensacomando.com -Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Jaswandi bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan HUT Kodam Jaya Ke-68 bertempat di Lapangan Kodam Jaya Cililitan, Jakarta Timur, Kamis, (28/12/2017).

Dalam amanatnya Pangdam Jaya menyampaikan sebagai insan yang beriman dan bertaqwa, marilah kita senantiasa memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, hari ini kita dapat mengikuti Upacara Dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-68 Kodam Jaya/Jayakarta tahun 2017, dalam keadaan sehat walafiat.

"Selaku pribadi dan Panglima Kodam Jaya/Jayakarta, saya mengucapkan selamat Ulang Tahun kepada segenap warga Kodam Jaya/Jayakarta dimanapun berada dan bertugas. Diiringi harapan, semoga memasuki usia ke-68 tahun ini, Kodam Jaya/Jayakarta dapat lebih meningkatkan peran dan kinerja Satuan Jajarannya untuk selalu berbuat yang terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara," pungkasnya.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kodam Jaya/Jayakarta hendaknya dimaknai dengan penuh rasa syukur kehadirat Allah SWT, atas semua karunia dan anugerah yang telah dilimpahkan kepada satuan jajaran Kodam Jaya/Jayakarta sehingga dapat melaksanakan tugas pokoknya dengan baik.

Berbagai prestasi telah berhasil diraih antara lain : Tugas Pengamanan Wilayah, Pengamanan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, KTT IORA (Indian Ocean Rim Association) tahun 2017 serta Perlombaan Ton Tangkas. Selain itu, prajurit Kodam Jaya/Jayakarta juga berhasil diberbagai Kejuaraan seperti menembak dan Bela Diri Militer Yong Moo Do Kasad Cup.
Namun demikian di sisi lain masih terdapat catatan negatif yang dilakukan oleh oknum prajurit dan ASN Kodam Jaya, seperti disersi, tindak kriminal dan asusila serta narkoba, sehingga berdampak buruk pada citra Kodam Jaya/Jayakarta di mata masyarakat. Hal inilah yang harus direnungkan dan dievaluasi sehingga di masa yang akan datang, tidak boleh terjadi lagi.

Prajurit Profesional berarti prajurit yang dididik, dan dilatih secara terus menerus guna memiliki kemampuan dan kemahiran olah yudha kemiliteran serta didukung persenjataan yang memadai, sehingga mampu menjalankan tugas menjaga keutuhan dan keselamatan NKRI.

Aspek lain yang mendukung profesionalisme yang perlu diperhatikan prajurit adalah tidak boleh terlibat dalam aktivitas politik praktis, terlebih tahun depan merupakan tahun politik. Ruang gerak prajurit telah diatur dalam koridor hukum, tetap memegang teguh komitmen dan menjaga netralitas TNI, sehingga segala perilaku dan tindakan yang dilakukan semata-mata hanya untuk kepentingan bangsa dan negara.

Terkait dengan hal tersebut, tentunya akan ada pihak-pihak yang berusaha untuk menarik institusi maupun personel TNI AD khususnya personel Kodam Jaya/Jayakarta untuk terlibat dalam politik praktis. Untuk itu, saya akan mengingatkan para prajurit sekalian seperti yang diamanatkan Panglima Besar Jenderal Sudirman bahwa TNI jangan sampai dikuasai partai politik manapun juga, sehingga untuk menjalankan amanat tersebut maka TNI AD khususnya Kodam Jaya/Jayakarta harus netral dan tidak boleh terlibat, dilibatkan atau melibatkan diri dalam politik praktis.

Dari hasil survei tentang kepercayaan publik terhadap lembaga Negara akhir-akhir ini, kita patut bersyukur dan bangga atas kepercayaan tertinggi yang diberikan oleh masyarakat Indonesia kepada institusi TNI. Prestasi tersebut bukan sesuatu yang diminta maupun direncanakan, melainkan suatu bentuk pengakuan dan penghargaan rakyat kepada TNI termasuk kita prajurit Kodam Jaya/Jayakarta di dalamnya. Pencapaian tersebut tentunya tidak boleh menjadikan kita berbangga dan jumawa. Kepercayaan ini justru menjadi pemacu bagi kita dalam memberikan dharma bakti yang terbaik bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

"Demikian pula halnya dengan segala keberhasilan dan prestasi yang diraih Kodam Jaya/Jayakarta selama tahun 2017 hendaknya disadari, selain sebagai buah kerja keras Keluarga Besar Kodam Jaya/ Jayakarta, tentu pada hakikatnya tidak terlepas dari rintisan para sesepuh dan pendahulu satuan ini, serta terciptanya kemanunggalan TNI dan rakyat," ungkapnya.

Oleh karena itu, tepatlah apabila pada kesempatan ini, kita sejenak mengenang jasa dan pengorbanan para sesepuh dan pendahulu kita, disertai dengan tekad untuk bekerja yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas demi masa depan yang lebih cerah dan gemilang.

Kemudian berbicara kemanunggalan TNI dan rakyat, pastinya sebagai inti kekuatan pertahanan, kesuksesan Kodam Jaya/ Jayakarta tidak terlepas dari kontribusi masyarakat, sehingga amanah untuk berbaik-baik dengan rakyat harus terus dilestarikan karena kita menyadari bahwa rakyat yang mengandung dan membesarkan TNI, hal ini selaras dengan tema Hari Ulang Tahun Kodam Jaya/Jayakarta tahun 2017 yaitu Manunggal dengan rakyat Kodam Jaya kuat

Mengakhiri amanatnya, mari kita bertekad dengan dilandasi Jiwa dan Semangat Aneka Daya Tunggal Bhakti, Kodam Jaya/Jayakarta bertekad memantapkan jati diri sebagai prajurit yang profesional, solid dan manunggal TNI dengan rakyat, guna mewujudkan TNI AD yang mandiri dan berkepribadian.

Peringatan tersebut dihadiri oleh Gubernur DKI Anis Baswedan, Irdam, para Danrem, Danrindam, para Asisten, Perwira Staf Ahli dan Staf Khusus, Perwira LO AL dan LO AU, para Komandan dan Kepala Satuan Jajaran Kodam Jaya, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Jaya beserta Pengurus, Para Perwira, Bintara dan Tamtama serta ASN Kodam Jaya/Jayakarta. (ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia