Kemah Besar, Gerakan Pramuka SMKN 5 Jember Bersama Yonif Raider 509 Kostrad - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Friday, December 29, 2017

Kemah Besar, Gerakan Pramuka SMKN 5 Jember Bersama Yonif Raider 509 Kostrad


(Penkostrad. Jumat, 29 Desember 2017). Danyonif Raider 509 Balawara Yudha Kostrad, Mayor Inf La ode Muhammad Nurdin S.Sos.,M.I.Pol. memimpin Upacara Pembukaan Kemah Besar, Gerakan Pramuka dengan tema Pembentukan Karakter dan Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Tahun 2017-2018 di Mayonif Raider 509 Kostrad. Selasa, (26/12).

Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi dari SMKN 5 Jember sebanyak  ± 800 orang yg dimulai sejak tanggal 27 Desember 2017 s/d 29 Desember 2017. Selama mengikuti Kemah Besar,para peserta menerima materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan. Tujuannya untuk mendidik dan melatih peserta Pramuka guna meningkatkan Kesadaran akan Bela Negara melalui pengetahuan dan keterampilan sebagai patriot pembangun bangsa yang setia,berbakti dan menjujung tinggi nilai luhur bangsa dan tetap menjaga keutuhan NKRI.

“Kegiatan ini merupakan satu diantara kegiatan bidang Bela Negara, bahwa betapa pentingnya kita sebagai Rakyat Indonesia harus mencintai Negara ini. Bukan bagaimana harus bisa mengubah pemerintahan atau Negara. Namun lebih berarti lagi harus bisa merubah pribadi masing-masing terlebih dahulu untuk dapat merubah pemerintahan, Negara dan Dunia karena sebagai generasi muda bangsa harus dapat menjadi pioner – pioner bangsa dalam mengawal kemerdekaan” kata Danyonif Raider 509 Kostrad, usai memimpin Upacara pembukaan Kemah Besar, Gerakan Pramuka.

“Harapannya, semoga ilmu yang di peroleh selama kegiatan Pramuka ini, bermanfaat dan diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia dan berkarakter kuat”, imbuhnya.

Selain materi Bela Negara dan wawasan Kebangsaan, para peserta Pramuka juga menerima ilmu diantaranya Navigasi Darat, Peraturan Baris – Berbaris (PBB), Sejarah Pramuka, Renungan Suci, Jaring Pendaratan, Mountainering yang meliputi Rayapan Tali Satu, Snapling, Rafling, Jaring Pendaratan dan Peluncuran. (ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia