Kasarmabar Buka Forum Wanbangopstik TNI AL Ke LXXI/2017 di Koarmabar - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Monday, December 11, 2017

Kasarmabar Buka Forum Wanbangopstik TNI AL Ke LXXI/2017 di Koarmabar


Jakarta, Lensacomando.com - Forum Dewan Pengembangan Operasi dan Taktik (Wanbangopstik) LXXI tahun 2017 dilaksanakan di Koarmabar dan diikuti peserta dari Kotama-kotama TNI AL baik Wilayah Barat maupun Timur. Kegiatan yang dilaksanakan 11-12 Desember 2017 ini di buka Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., mewakili Asops Kasal di Gedung OB. Syaaf, Mako Koarmabar, Jakarta Pusat, Senin (11/12).
Asops Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., dalam sambutannya yang dibacakan Kasarmabar mengatakan, Forum Wanbangopstik ini bernilai strategis, khususnya bagi perwira-perwira pengawak organisasi, baik dalam tataran strategis teknis dan taktis untuk terlibat secara aktif dalam diskusi akademis dengan berdasarkan referensi yang jelas dan pengalaman operasi yang akan mewarnai kemajuan cara bertempur dan pencapaian tugas TNI Angkatan Laut.

Lebih lanjut Asops Kasal mengatakan, isu tentang pertahanan dan keamanan maritim merupakan isu yang tidak akan berhenti mengingat laut telah menjadi bagian strategis dalam semua aspek, baik secara ekonomi, politik dan militer. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat dalam bidang pertahanan dan keamanan maritim, maka tugas dan peran TNI AL ke depan akan semakin kompleks serta dibutuhkan pengembangan naluri tempur prajurit dalam kajian strategis guna mendukung tugas dan peran TNI AL tersebut.

Dengan mengambil tema “Melalui Wanbangopstik-LXXI/2017 Mengembangkan Naluri Tempur Prajurit Dalam Kajian Strategis Guna Mendukung Kesiapan Operasional Dalam Rangka Mengemban Tugas TNI AL”, maka diharapkan dalam Forum ini akan terlaksana pemutakhiran dan pembaruan produk piranti lunak yang mampu menjawab tuntutan dan tantangan tugas TNI AL ke depan demi terwujudnya TNI AL yang besar, profesional dan dicintai rakyat.

Dalam Forum diskusi terbuka ini diikuti oleh Kotama TNI Angkatan Laut sebagai peserta diantaranya Mabesal, Koarmatim, Koarmabar, Kolinlamil, Kormar, Kodiklatal, Seskoal, Pushidrosal, Puspenerbal, Lantamal III Jakarta. Makalah yang akan dibahas antara lain Jukgar Operasi Keamanan Laut Pangkalan TNI AL, Jukgar Latihan Operasi Pencarian dan Pertolongan (SAR), Jukgar Bin Potensi Angkutan Laut Nasional (Anglanas), Jukgar Penerjunan Rubber Duck Korps Marinir, Revisi Jukref Aturan Pelibatan di Laut bagi unsur-unsur TNI AL pada masa damai (Revisi Kep Kasal No Skep/653/II/2004 tanggal 12 Mar 2004). (ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia