Ide Kreatif Pos Koya Koso Satgas Yonif PR 432 Kostrad untuk Rumah Warga di Perbatasan - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Saturday, December 16, 2017

Ide Kreatif Pos Koya Koso Satgas Yonif PR 432 Kostrad untuk Rumah Warga di Perbatasan


(Penkostrad. Sabtu, 16 Desember 2017).  Bulan Desember adalah penghujung akhir tahun dimana Satgas Yonif PR 432 Kostrad dalam penugasannya yang tinggal beberapa bulan dijadikan momen kreatif dari Prajurit Pos Koya Koso untuk bisa selalu dekat dengan masyarakat binaannya, Kamis (14/12).

Sudah beberapa minggu ini para prajurit telah menyiapkan papan nama, yaitu tulisan hasil kerajinan tangan yang terbuat dari teriplek yang dibuat khusus untuk warga masyarakat, dalam pengerjaanya proses penbuatanya sudah di data terlebih dahulu terutama nama warga di kampung ini, yang dimana sebelumnya desain  jenis hurufnya sudah disiapkan oleh para anggota Pos. 

Pada saat proses pengerjaannya, cukup dengan peralatan seadaanya yang dimiliki oleh anggota pos seperti gergaji kayu, amplas, lem, mal huruf, cat kayu, paku dan palu, sampai proses pembuatannya selesai... sederhana bukan?...

Kegiatan selanjutnya beberapa personil Satgas melakukan pemasangan papan nama di rumah Tokoh Adat dan masyarakat kampung Bugis sudah selesai semua, dimana nggota Pos Koya Koso membuatkan sebanyak 23 buah papan nama untuk di pasang di seluruh rumah warga kampung Bugis.

 Pembuatan papan nama ini masih di lanjutkan untuk kampung sebelah yang juga kampung binaan Pos Koya Koso yaitu kampung Endrekang, untuk saat ini masih dalam proses pengerjaan dan ini akan kami usahakan secepatnya agar bisa terselesaikan. 

Ide pembuatan papan nama ini dari Danpos Koya Koso yang melihat ada potensi dari anggotanya yang mempunyai keahlian untuk  membuat kerajinan tangan dan untuk mengisi waktu senggang yang biasa mengerjakan pembuatan kerajinan bingkai jam dinding kostrad yang selama ini dari sebagian besar anggota telah memiliki satu persatu.

Dari itulah muncul ide dari Danpos yang disampaikan kepada anggotanya yang memiliki ketrampilan yaitu Pratu Aras yang dibantu oleh Serda Hasibuan dan Pratu Suardi untuk membuat kreasi yang lain yang bisa bermanfaat juga  untuk masyarakat, dan munculah ide papan nama in, yang nantinya dipasang di depan rumah warga binaan.

Pembuatan papan nama ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu dari awal proses pembuatanya sampai finising dan pengecatannya hingga pemasanganya di tiap tiap rumah warga masyarakat di kampung Bugis ini. 

Danpos Koya Koso Lettu Inf M Iqbal Yulandi Mengatakan "Tujuan pembuatan papan nama tersebut agar bisa mempermudah kita untuk mencari alamat rumah dari masing masing warga kampung yang dimana hampir seluruh warga kampung Bugis ini aktifitasnya mulai dari pagi sampai sore bekerja di ladangnya masing masing, dan apabila tidak berada di rumah, tentunya dengan adanya papan nama didepan rumahnya warga yang akan bertamu akan mudah untuk menemukan posisi tempatnya tinggalnya".terangnya

Dalam pemberian papan nama ini kami sangat berterimakasih kepada Anggota Pos Koya Koso karena ini sama sekali tidak terfpkirkan oleh kami sebagai pemilik rumah, memang hal ini sangat baik untuk mempermudah warga luar kampung ini dalam mencari alamat rumah yang akan dituju," ujar bpk H. Bakri" selaku Tokoh adat setempat. (ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia