Cegah Terjadinya Rob, Kodim 0506/Tgr Bantu Pemda Sejahterakan Masyarakat - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Wednesday, December 27, 2017

Cegah Terjadinya Rob, Kodim 0506/Tgr Bantu Pemda Sejahterakan Masyarakat


Tangerang, Lensacomando.com - Implementasi tugas pokok Kodim 0506/Tangerang sebagai penjabaran tugas pokok TNI sesuai UU no 34 tahun 2004 salah satunya adalah membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dalam melaksanakan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat kabupaten Tangerang.

Salah satu program pembangunan yang direncanakan oleh pemda kabupaten Tangerang di TA 2017 adalah membangun Turap dan Pengurukan tanah di Ujung Dadap sebagai antisipasi Bencana Rob yang selalu melanda Kp. Dadap saat hujan dan air laut naik.

Niat baik tak selalu berjalan lancar, tentunya ada saja pihak-pihak yang berbeda pendapat mencoba memprovokasi dan memberikan penolakan tanpa memahami tujuan yang sesungguhnya dan menuduh bahwa Kodim akan membangun Rumah Susun sehingga beberapa Warga menginginkan Alat Berat dikeluarkan dari lokasi.

Melihat dinamika tersebut Kodim 0506/Tangerang telah menggelar Sosialisasi Karya Bhakti pada 18 oktober silam bagi Warga Kp. Dadap yang menjelaskan bahwa Pekerjaan yg dilakukan oleh Kodim adalah pengurukan dan pembangunan turap untuk mencegah Rob.

Diketahui dan dipahami bahwa Tanah yang akan dilaksanakan dalam Karya Bhakti tersebut tidak bermasalah dan tidak mengganggu/ menggusur satu orang pun warga setempat, Warga di Kp. Dadap tinggal diatas tanah milik AP2 dan Pemda Kab Tangerang.

Latar belakang Penolakan sekelompok Masyarakat terhadap Karya Bhakti Kodim 0506/Tangerang adalah terkait dengan Program dari Pemda Kabupaten Tangerang dan Kementerian PPR yang akan melaksanakan Penataan Kp. Dadap dengan membangun Rumah Susun dan Rumah Deret Nelayan. Warga menolak karena mereka menuntut kepemilikan atas Tanah yg mereka tinggali saat ini, Padahal pembangunan Rusun dan Rumah Deret Nelayan tidak mengganggu tanah mereka saat ini.

Karya Bhakti Kodim 0506/Tangerang di penghujung TA 2017 ini hanya melaksanakan Pengurukan Tanah 8000meter dan Pembangunan Turap untuk mencegah Rob, sama sekali tidak ada hubungannya dengan pekerjaan Pembangunan Rumah Susun dan Rumah Deret Nelayan, apalagi terkait dengan pembangunan jembatan penghubung untuk pulau Reklamasi seperti yang dituduhkan beberapa oknum masyarakat.

Bertempat di Kp. Baru Kel. Dadap Kec. Kosambi Kab. Tangerang (27/12) telah dilakukan mediasi oleh Danrem 052/Wijayakrama Kolonel Inf Iwan Setiawan didampingi oleh Dandim Letkol Inf Gogor beserta Danramil Kapten Inf Ridwan terhadap Ketua RW 01 Kp. Baru Dadap Bapak H. Suhanda bertujuan membahas tentang kegiatan karyabhakti yang dikerjakan oleh Kodim 0506/Tgr.

Dalam pertemuan tersebut Suhanda mengatakan bahwa warga yang berangkat menuju LBH (Lembaga Bantuan Hukum) Jakarta adalah bukan merupakan perwakilan dari masyarakat dadap secara keseluruhan ataupun mewakili perangkat Desa/Kelurahan. Aparat Desa telah menyetujui pekerjaan pembangunan yang sedang di kerjakan oleh Pemerintah.

"Saya berada di lokasi untuk meyakinkan kepada RW 01 Kp. Baru Dadap dan H. Suhanda selaku yang dituakan agar menjelaskan kepada warganya bahwa pihak Kodim saat ini hanya melaksanakan pengurukan lahan seluas 8000 Meter persegi," terang Danrem 052/WKR.

Lebih lanjut akan dibuat Kesepakatan dengan warga Kp. Baru Dadap bahwa Kodim melaksanakan karyabhakti perataan lahan saja, Tidak terlibat dalam penggusuran/proyek Pemerintah, "Setiap tuntutan pasti akan kita tampung dan apabila tuntutan tersebut tidak sesuai maka harus kita pertimbangkan sesuai dengan kesepakatan," ungkap Danrem 052.

Diakhir pertemuan tersebut disampaikan Penekanan Danrem 052/Wkr bahwa tidak ada anggota yang melakukan pembongkaran bangunan warga penduduk Kp. Dadap. Kodim hanya melakukan karya bhakti pembuatan turap penahan Rob dan pengurukan lahan seluas -+ 8000 Meter persegi dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat. (ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia