Satlinlamil Peringati Hari Jadi TNI AL Ke-72 - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Wednesday, September 13, 2017

Satlinlamil Peringati Hari Jadi TNI AL Ke-72


Lensacomamdo.com - Di lapangan Gelanggang Perkasa Mako Satlinlamil Surabaya seluruh prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya baik yang berdinas di Markas Komando maupun di unsur/KRI jajaran Satlinlamil Surabaya, Senin kemarin (11/9) melaksanakan upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut yang ke 72.

Pada upacara tersebut bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wakil Komandan (Wadan) Satlinlamil Surabaya Letkol Laut (P) Sapta Raharja, sementara komandan upacara Mayor Laut (T) Sokheh.

Pada kesempatan upacara tersebut, Wadan Satlinlamil Surabaya dihadapan seluruh prajurit Satlinlamil membacakan Amanat dari Kepala Staf Angaktan Laut Laksamana TNI Ade Supandi S.E., dimana mengatakan bahwa pada hakekatnya, upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting yang harus kita pahami bersama, yaitu: pertama, makna keimanan dan ketakwaan, sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada tuhan yang maha esa atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-nya, selama 72 tahun masa pengabdian tni angkatan laut; kedua, makna historis, sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan tni angkatan laut dalam mengisi kemerdekaan serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara; dan ketiga, makna evaluatif, sebagai momentum introspeksi dan evaluasi diri, tentang kekurangan dan kelebihan pelaksanaan tugas di masa lalu, guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang.

Peringatan HUT ke 72 TNI Angkatan Laut tahun 2017 mengangkat tema “bersama rakyat, TNI Angkatan Laut siap mewujudkan indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian”. Dimana sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara, yang sadar akan jati dirinya sebagai tentara nasional yang terlahir dari rakyat, TNI Angkatan Laut senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama-sama dengan rakyat, berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalannya pembangunan nasional.

Sebagai implementasi nyata dari tema peringatan HUT ke 72 TNI Angkatan Laut ini adalah melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan kontribusi dan partisipasi rakyat, seperti olahraga perairan, bakti sosial kesehatan berupa donor darah dan pengobatan masal, bersih-bersih pantai dan lomba-lomba yang disesuaikan dengan kearifan lokal di masing-masing kotama/ satker. dan untuk lebih mendekatkan tni angkatan laut dengan rakyat, dilaksanakan juga kegiatan open day dan open ship di kotama tni angkatan laut dan puspenerbal. kegiatan ini sekaligus juga sebagai bentuk pertanggungjawaban TNI Angkatan Laut kepada rakyat, jelas Kasal dalam amanatnya yang dibacakan Wadan Satlinlamil Surabaya.

Diakhir amanatnya Kasal menyampaikan beberapa penekanan sebagai pengantar tugas untuk dipedomani bersama diantaranya; Pertama, tingkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit TNI Angkatan Laut yang bermoral, profesional dan berani serta pedomani dan hormati hukum, nilai-nilai demokrasi serta hak asasi manusia dalam setiap pelaksanaan tugas.

Kedua, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab disertai kerelaan berkorban demi terjaganya keselamatan serta keutuhan bangsa dan negara.

Ketiga, pelihara segenap alutsista persenjataan dan peralatan yang dipercayakan negara dengan sebaik-baiknya, agar dapat mendukung keberhasilan setiap pelaksanaan tugas secara optimal.

Keempat, mantapkan kekompakan antar komponen tni, agar dapat terjalin koordinasi dan kerja sama yang harmonis antara tni al dengan satuan-satuan tni lainnya, sebagai refleksi dari tampilan tni yang kokoh dan solid serta mantapkan kemanunggalan tni dengan rakyat; dan Kelima, tingkatkan kewaspadaan dan antisipatif terhadap perkembangan situasi yang cepat berubah, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang merugikan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Pelaksanaan upacara di Kolinlamil berlangsung dengan hikmah diawali dengan menyanyikan lagu Mars TNI Angkatan Laut, pemeriksaan pasukan upacara oleh inspektur upacara, pengucapan mapta marga, pembacaan amanat Kasal oleh Irup dan diakhiri kembali dengan menyanyikan lagu Mars TNI Angkatan Laut. (ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia