Kodim 0503/Jakarta Barat Panen Tanaman Aquaponik dan Hidroponik - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Thursday, September 7, 2017

Kodim 0503/Jakarta Barat Panen Tanaman Aquaponik dan Hidroponik


JAKARTA, Lensacomando.com - Program Rumah Pangan Lestari yang dicanangkan oleh Kodim 0503/Jakarta Barat akhirnya membuahkan hasil, dalam kesempatan tersebut Dandim 0503/Jakarta Barat, Letkol Inf Wahyu Yudhayana memanen Tanaman Aquaponik dan Hidroponik di Makodim 0503/JB, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Rabu (6/9).

"Alhamdulilah hari ini, panen tanaman sayur sayuran, yang kedua kalinya, tanaman sayuran yang dipanen seperti selada merah dan hijau, kangkung, bayam merah dan hijau, khailan, sawi", ungkap Letkol Inf Wahyu Yudhayana

"Jujur saja saya sempat khawatir, apakah tanaman sayuran ini bisa tumbuh subur mengingat lokasi yang gersang, diantara gedung gedung tinggi, di area samping Makodim 0503/JB. karena pengalaman saya sewaktu di Batalyon 202/Tajimalela, keberhasilan prajurit TNI menanam tanaman Hidroponik dan Aquaponik dilokasi yang rimbun dan luas", paparnya.

"Ternyata ini tanaman malah lebih cepat dipanennya, padahal dari mulai penyemaian tanam biji sampai ke panen biasaya Tujuh Minggu, namun di Makodim malah lima Minggu sudah bisa dipanen, dan tanaman ini juga tentunya menjadi perhatian khusus karena dikontrol pagi dan sore", tegas Letkol Inf Wahyu Yudhayana.

Sementara itu,  di Markas Makodim 0503/JB kedatangan siswa SMP 248 Cengkareng untuk melakukan study tour mengenai cara yang baik bercocok tanam. Sehingga, ilmu yang di berikan olehnya, siswa ini nantinya dapat melakukan di rumah.

"Tadi murid-murid diberikan teori dan praktek langsung ya. Mulai dari tanam biji, menyiram, memerhatikan sampai tadi kami juga ikut memanen tanaman di makodim ini," ucap Wahda Guru SMP 248.

Wahda pun mengapresiasi jajaran TNI terutama Makodim 0503/JB yang memberikan ilmu dan mau berocock tanam untuk masyarakat. Ia berharap agar kegiatan bertanam ini bisa dipertahankan. (ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia