Divif 2 Kostrad Kerjasama BRI Bangun Belasan RTLH - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Wednesday, August 9, 2017

Divif 2 Kostrad Kerjasama BRI Bangun Belasan RTLH



(Penkostrad. Rabu, 9 Agustus 2017). Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad wujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. Hal ini dituangkan dengan membangun 15 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang berada di Desa Tambak Sari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (5/8).

Program ini merupakan hasil kerjasama antara Divif 2 Kostrad dengan BRI Cabang Kawi, melalui BRI Peduli.

Kegiatan pembangunan RTLH dilaksanakan sejak 19 Juli 2017 hingga 24 Agustus 2017. Sasarannya, rumah yang tersebar di empat Dusun. Rinciannya, masing-masing tiga unit di Dusun Krai dan Ampel Sari serta empat dan lima unit di Dusun Gunung Malang serta Tambak Watu.

Asisten Teritorial Kasdivif 2 Kostrad, Kolonel Inf Yana Susana, S.I.P, menjelaskan, program ini melibatkan 120 orang prajurit dari satuan jajaran Divif 2 Kostrad. “ Masyarakat sekitar juga membantu program ini,” jelas Kolonel Inf  Yana Susana.

Pelaksanaan RTLH dibagi dalam dua tahap pengerjaan. Tahap pertama, dilaksanakan 16 hari dengan sasaran delapan unit rumah, sementara tahap kedua dilanjutkan dengan tujuh unit.

“Unit sasaran rumah warga ini dibongkar total kemudian dibangun lagi dengan material bangunan yang telah disiapkan. Ukurannya,  5×8 meter per satu unitnya, rumah ini dibangun secara permanen dengan dua kamar tidur,” tambah Kolonel Inf Yana Susana.

Program RTLH merupakan salah satu program unggulan TNI AD dalam rangka mewujudkan program pemerintah. Program ini sekaligus  bentuk kepedulian Divif 2 Kostrad dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “ Pemerintah menetapkan target pembangunan sejuta rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR),” imbuh Kolonel Inf Yana Susana.

Sementara itu, Koordinator lapangan, Mayor Inf  Eko Handono menjelaskan, tujuan renovasi RTLH untuk meringankan beban warga yang kurang mampu di wilayah Desa setempat. “ Kriteria sasaran program RTLH ini, masyarakat kurang mampu yang tidak memiliki penghasilan tetap atau dibawah Rp 600 ribu per bulan, serta janda lanjut usia,” tegas Mayor Inf  Eko Handono.

Program RTLH ini mampu menumbuhkan kehidupan ekonomi dan membangkitkan kepedulian sosial, serta semangat gotong royong di masyarakat.

Divisi Infanteri 2 Kostrad akan terus melakukan kerjasama dan menyelenggarakan program serupa, yang utamanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. (ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia