Babinsa Koramil 04/Bojonggede Dampingi Petani Basmi Hama - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Monday, June 5, 2017

Babinsa Koramil 04/Bojonggede Dampingi Petani Basmi Hama


BOGOR, Lensacomando.com - Serma Budiman Babinsa pendamping pertanian Koramil 04/Bojonggede melaksanakan pendampingan kelompok tani Sarimekar dalam mengendalikan hama pada tanaman padi tiga varietas ; Sidenuk, Ciherang dan varietas IR 64. di lahan pertanian desa Citayam kecamatan Tajurhalang kabupaten Bogor. Senin (5/6).

Luas lahan pertanian padi yang digarap oleh kelompok tani Sarimekar sekitar 20 hektar. Dengan lahan seluas itu 95% sudah ditanami padi dengan berbagai umur tanam. Lahan seluas 16,5 hektare sudah ditanami padi dengan umur 21 hst, 3 hektare ditanami padi umur 49 hst Sedang 0,5 hektare sisanya masih dalam penyiapan untuk ditanami padi lagi.

Upaya peningkatan kuantitas dan mutu produk pertanian yang dilakukan oleh petani binaan babinsa pendamping pertanian dilakukan secara komprehensif menyeluruh dari pertama penyiapan lahan tanam, pemilihan bibit unggul, pemupukan serta pengendalian hama. Hal ini ditujukan sebagai upaya maksimal babinsa dan petani untuk mempertahankan hasil produksi padi yang baik selama ini.

Pengendalian hama perusak padi yang dilakukan oleh kelompok tani Sarimekar desa Citayam diupayakan dapat dilaksanakan secara serentak pada semua lahan pertanian dengan berbagai varietas padi dalam berbagai umur tanam. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari sebagian hama yang tidak terkena paparan insektisida mendapat ruang untuk bertahan hidup dilahan yang tidak mendapat penyemprotan.

Kelompok tani Sarimekar binaan Serma Budiman biasa menggunakan pestisida jenis Durban ec 500 dan Curacron 500ec. Kedua jenis pestisida tergolong insektisida (racun serangga) ini ampuh mengendalikan dan membasmi hampir semua jenis hama serangga. Bekerja secara kontak lambung bisa membasmi sebagian besar hama seperti serangga penggerek batang, penggerek daun, penggerek buah bahkan jangkrik. Pestisida ini bahkan bisa bersifat akarisida (racun kutu) seperti kutu daun.

Serma Budiman menjelaskan bahwa petani binaannya sengaja memilih insektisida jenis ini karena ampuh, mudah aplikasi, unggul dan murah. "Dengan harga yang terjangkau Rp 110.000,-/botol isi 500ml dapat menjangkau lahan pertanian yang relatif luas.Hal ini digunakan sebagai upaya menekan beaya dalam produksi pertanian. Petani juga mudah menggunakan karena kedua pestisida bersifat mudah larut dalam air dan tidak meninggalkan endapan. Ini sangat membantu petani karena selang semprot terbebas dari macet dan sumbatan endapan." Jelas Serma Budiman.

Ketua kelompok tani, Bpk Muhasyim memaparkan bahwa insektisida Curacron 500ec terbuat dari profenofos cairan pekat coklat kekuningan sangat ampuh basmi berbagai jenis serangga perusak tanaman padi. "Insektisida ini bersifat translaminar dapat menjangkau banyak jenis serangga hama padi yang sembunyi di balik daun." Papar Muhasyim. (Ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia