Danrem052/Wkr Hadiri Penutupan Program TMMD ke-98 di Kampung Salimah - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Thursday, May 4, 2017

Danrem052/Wkr Hadiri Penutupan Program TMMD ke-98 di Kampung Salimah


Lensacomando.com - Komandan Korem 052/Wkr Kolonel Inf Iwan Setiawan menghadiri penutupan program TMMD ke-98 tahun 2017 di wilayah Kabupaten Tangerang yang ditutup secara langsung oleh Kas Asmabar Laksamana Pertama Yudo Margono SE. Di Lapangan Kp. Salimah, Ds. Sukamanah, Kec. Jambe, Kab. Tangerang, Kamis (4/5).

Kasad Jenderal TNI Mulyono dalam inti amanatnya yang dibacakan Kas Asmabar Laksamana Pertama Yudo Margono SE, "Menyampaika bahwa mulai Tahun 2017 ini, program TMMD yang semula diselenggarakan 2 kali dalam setahun, ditambah menjadi 3 kali.

Hal ini dilakukan, selain sebagai bentuk kepedulian TNl dalam membantu akselerasi program pembangunan di wilayah-wilayah yang sulit terjangkau, juga sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya luhur Bangsa Indonesia yang menjadi makna inti dari Pancasila, yaitu gotong royong" ujarnya. 

Melalui pelestarian budaya gotong royong dan kemanunggalan dalam program TMMD ini, diharapkan kita dapat semakin membentengi diri dari potensi disintegrasi yang dipicu oleh sentimen perbedaan dan sikap intoleransi. 

Pada program TMMD ke-98 tahun 2017 ini, secara nasional kita telah menyelesaikan sebanyak 357 sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur yang tersebar di berbagai wilayah Kodam di seluruh Indonesia,
antara lain pembangunan sarana transportasi berupa pembangunan jalan baru, pembuatan jalan makadam, rabat jalan, rehabilitasi jalan, peningkatan jalan, betonisasi jalan, penimbunan, pelebaran dan pengerasan jalan. 

Disamping itu juga dilaksanakan pembangunan infrastruktur lainnya yang meliputi pembuatan jembatan, pembuatan tanggul, pemasangan gorong-gorong.

Selain sasaran fisik, program TMMD juga menyelenggarakan program-program non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional. Ditengah dinamika kehidupan sosial kemasyarakatan yang diwarnai berbagai permasalahan sangat kompleks seperti sekarang ini, kegiatan non-fisik sangat dibutuhkan untuk membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat. 

Hal tersebut merupakan sebuah kebutuhan untuk menangkal berbagai ancaman disintegrasi Bangsa, yang dilancarkan melalui Proxy War, yaitu berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, ancaman terorisme, aksi kriminalitas, kebangkitan komunisme gaya baru serta perang informasi yang melanda hampir ke seluruh penjuru dunia. 

Oleh karenanya, TMMD dapat dipandang sebagai salah satu upaya pemerintah melalui TNI AD, untuk membangun dan memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah yang sangat diperlukan dalam membangun Ketahanan Nasional untuk menjaga tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Diakhir amanat Kasad Jenderal TNI Mulyono beratensi dan harapan yang perlu saya sampaikan kepada para prajurit dan seluruh komponen masyarakat mari kita pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan TNl-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi oleh pihak manapun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan Bangsa, semangat gotong royong hendaknya terus dilestarikan, sebagai warisan budaya Bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini, pelihara hasil program TMMD, agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang, terang Kasad 

Sementara itu, Dandim 0506/Tng Letkol Inf Gogor melaporkan bahwa kegiatan TMMD ke-98 di wilayah Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan sejak tanggal 5 April hingga 4 Mei 2017 secara umum keseluruhan kegiatan fisik berupa infrastruktur dan non fisik, penyuluhan bina mental kepada masyarakat terealisasi 100 %.

Wakil Bupati Tangerang Bpk H Hermansyah mengatakan, pemerintah daerah mengapresiasi atas pelaksanaan TMMD yang sangat besar manfaatnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat. "Keterlibatan TNI dalam pembangunan daerah melalui program TMMD telah menghemat waktu pelaksanaan dan anggaran yang terbatas dalam pembangunan infrastruktur setiap tahunnya," ujar nya.

Hadir dalam Penutupan TMMD ke-98 TA. 2017 Para Dandim wilayah Korem 052/Wkr, Camat Jambe, Staf Ahli Pangdam Bid InpolekSosbud, bid Ekonomi, para Danramil, PPM, Toga dan Tomas Setempat.

Kegiatan penutupan TMMD ini juga dimeriahkan dengan kegiatan panggung hiburan rakyat dan kegiatan Bhakti Sosial berupa Sembako murah. (Ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia