Danramil 04/Gambir : Babinsa Harus Mampu Pahami Tugas OMSP - LENSA COMANDO

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

Tuesday, May 16, 2017

Danramil 04/Gambir : Babinsa Harus Mampu Pahami Tugas OMSP


JAKARTA, Lensacomando.com - Dalam rangka kegiatan Latihan Teknis Teritorial (Latnister) Kodim 0501/Jakarta Pusat BS 2017, Danramil 04/Gambir Dim 0501/Jakarta Pusat BS Mayor Inf Harry Ismail diberikan kesempatan memberikan materi penguasaan wilayah di Aula Makodim 0501/Jakarta Pusat BS, Jl. Selaparang Blok B 11 Kav 1, Kel. Gunung Sahari Selatan, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Selasa (16/5).

Dalam pemberian materi tersebut, Danramil 04/Gambir Dim 0501/Jakarta Pusat BS Mayor Inf Harry Ismail menyampaikan bahwa penguasaan wilayah tanpa dikombinasikan dengan adanya ide kreatif dan inovatif, tentunya akan dapat menghambat tugas yang harus dijalankan, terlebih jika dihadapkan dengan karakter masyarakat di perkotaan pada umumnya, sehingga diperlukan langkah yang tepat yang disertai dengan referensi secara mandiri guna menambah wawasan bagi setiap Babinsa yang menjalankan tugas kewilayahannya.

Mayor Inf Harry Ismail berharap, agar setiap Babinsa harus mampu memahami tugas pokok Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang terdiri dari 14 butir, dimana sembilan diantaranya harus senantiasa dikuasai oleh setiap Babinsa yang bertugas di perkotaan.

Khususnya bagi satuan di jajaran Kodim 0501/Jakarta Pusat BS harus mampu melaksanakan Tupok seperti pengamanan VIP/VVIP maupun pengamanan tamu tentara disamping juga harus melakukan pemberdayaan wilayah pertahanan, sehingga penguasaan terhadap wilayah menjadi aspek yang sangat penting, ujarnya.

Kendala dalam penguasaan wilayah yang dihadapi oleh Babinsa dalam pelaksanaan tugas, hendaknya menjadi tanggung jawab Danramil atau Wadanramil dengan secara terus-menerus memberikan tehnik yang tepat dan aplikatif yang dapat diterapkan oleh setiap Babinsa, serta sebagai Danramil hendaknya juga harus dapat untuk terjun langsung dalam mengatasi setiap kendala-kendala yang kemungkinan terjadi di lapangan.

Diakhir materinya, Danramil 04/Gambir berpesan kepada seluruh Babinsa, agar senantiasa meningkatkan penguasaan di wilayah binaannya masing-masing, dalam upaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas sehari-sehari. (Ril/Gal)

Post Bottom Ad

Hosting Unlimited Indonesia